Rabu, 04 September 2019

Tugas Review Konten Rumah Belajar (http://rumahbelajar.id)
Merupakan Tugas Tambahan Nomor-6

Review-2
Keajaiban di Bukit Menoreh
Edisi Bahasa Indonesia, Kategori Pengetahuan Sosial

Keajaiban di Bukit Menoreh merupakan program yang dikemas dalam Budaya Nusantara dan diproduksi oleh Balai Pengembangan Media Radio Yogyakarta Pusat Informasi dan Teknologi Komunikasi Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional
Sesuai dengan fitur pada laman web, konten dimaksudkan sebagai media audio penunjang pembelajaran untuk kelas V SD (Sekolah Dasar)
Sesuai dengan isi dari berkas audio bahwa sasaran pembelajaran adalah siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menjadi induk utama pembelajaran dengan topik “Candi Borobudur”.


Isi Konten
Secara umum sudah sangat baik dari sisi pokok-pokok bahasan yang meliputi status Candi Borobudur di mata dunia, kewilayahan yang jelas, keberagaman pengunjung, perawatan dan perbaikan dan sebagainya. Latar belakang dan fungsi Candi Borobudur pada masa lalu dan masa kini juga dijelaskan dengan secara mendalam. Fungsi khusus sebagai tempat suci dimana dilaksanakannya upacara keagamaan, tempat peribadatan dan sekaligus juga tempat tujuan wisata juga memperjelas keberadaan Candi Borobudur.

Kelebihan dan Kelemahan/Kekurangan
Kelebihan yang dapat disampaikan adalah bahwa model pembelajaran radio (audio) semacam ini menjadi hal yang baru. Ide ini patut untuk di tiru dan dikembangkan lebih lanjut dengan lebih baik. Tersirat dari aspek lain adalah bahwa konten ini juga dimaksudkan untuk memberikan gambaran pendekatan pembelajaran yang bisa dilaksanakan di dalam kelas maupun di luar kelas

Berkaitan dengan kekurangan atau kelemahan buku ini adalah belum sesuainya antara judul pada fitur (Keajaiban di Bukit Menoreh) dengan judul (Candi Borobudur yang merupakan pokok isi dari audio). Sepertinya akan menjadi lebih baik bila judulnya adalah “Candi Borobudur”.
Runtutan cerita (mungkin istilahnya adalah “skenario”:?) dari awal sampai akhir belum ter-rangkai dengan baik dan jelas. Misalnya: Keberangkatan anak (sepertinya menggunakan angkutan umum) tetapi sesampainya di lokasi muncul tokoh Pak Guru dan Pak Darma selaku pemandu wisata. Sepertinya ada sesuatu yang hilang/kurang dari media penunjang (audio-radio) ini

Saran/Masukan
Pertama, sebaiknya proses editing naskah pada konten mengacu pada isi audio sehingga tidak terjadi kesalahan komunikasi dan informasi. Termasuk bahwa sasaran dari audio pembelajaran yang tidak sesuai antara konten (media audio penunjang pembelajaran untuk kelas V SD ) dan isi audio (untuk anak SMP). Kedua, runtutan cerita disusun dengan baik dan benar sehinggga akan dapat membantu mempermudah siswa dalam menangkap konten sebenarnya Ketiga, identitas lembaga berkas audio sebaiknya di letakkan di awal tayangan

Demikian sedikit review konten “Keajaiban di Bukit Menoreh atau “Candi Borobudur”. Semoga apa yang saya sajikan dapat bermanfaat. Salam (Eko Joko Santoso)

Link Kedudukan Konten :
http://rumahbelajar.id/product?id=NWNlMjJjYjE1NWJmMWY4MzJkYTY3NmIz

Link rumahbelajar
Link Youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar